Minggu, 04 Februari 2018

Cara Membuat Ulasan Panjang (Review Anime)

Pernahkah kamu ingin menulis salah satu ulasan yang benar-benar panjang yang sering kamu lihat di situs-situs besar seperti MAL, untuk lokal seperti JO dan KN? Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk bisa kamu pelajari.

Cara Membuat Ulasan Panjang (Review Anime)

Kamu mungkin sudah melihat ulasan panjang baik di MAL, IGN, Youtube, KN, atau situs lainnya dan menginginkan keterampilan seorang penulis hebat karena bisa menulis dengan bagus. Namun, sayangnya tulisan kamu mungkin tidak pernah sampai pada kualitas kritikus profesional, jumlah tulisan dapat dengan mudah ditemukan dengan menggunakan trik sederhana. Saya akan menunjukkan dan mengajari kamu bagaimana menulis banyak/panjang tanpa mengatakan lebih dari yg telah kamu katakan sendiri.

Trik pertama adalah tidak melakukan editing apapun. Ada banyak isi (atau bisa dikatakan "cerita") yg secara alami akan kamu tulis, dan meski untuk meningkatkan fluiditas kamu mungkin ingin menceritakan semua isi itu, jika kamu ingin ulasan kamu panjang, anggap "isi" itu adalah teman kamu. Kamu benar-benar harus menambahkan isi kebenaran dengan mengucapkan pernyataan yg sama dengan beberapa cara dan menggunakan ungkapan yang lebih panjang yg dapat disederhanakan dengan menggunakan satu kata.

Perbandingan adalah cara yg baik untuk meningkatkan panjangnya ulasan.
Membandingkan anime dengan anime lain dapat membantu membuat cadangan poin isi dari ulasan kamu sekaligus meningkatkan jumlah kata kamu, dan ingat untuk menyertakan nama lengkap bahasa Jepang nya daripada bentuk pendek nama nya untuk beberapa kata bonus tambahan. Kamu dapat menulis beberapa kalimat tentang setiap perbandingan, dan bahkan berbicara tentang anime yg berbeda dengan cara yg sama seperti yg bisa kamu susun menjadi satu kalimat saja. Mungkin akan membosankan untuk dibaca, tapi jika kamu mencoba membentuk teks besar maka ini seharusnya tidak dipandang sebagai kekurangan.

Tema pembuka dan penutup (opening dan ending theme dalam anime) memiliki banyak animasi yg kompleks dan padat, yg saya maksudkan kamu bisa untuk menyampaikan banyak makna dalam waktu yg relatif singkat itu. Jika kamu mencoba untuk menulis ulasan yg panjang, ini adalah tambang emas untuk ulasan itu sendiri. Sekalipun maksud aslinya dari pencipta itu bernilai seribu kata, tapi kamu bisa menulis lebih banyak lagi jika kamu dapat memikirkan hal-hal yg kamu sendiri pikirkan untuk menghilangkan ketegangan, Jika anime memiliki lebih dari satu tema pembuka, kamu dapat membicarakannya secara terpisah untuk efek maksimal.

Semua anime sangat bergantung pada staf yg mengajarkannya untuk berkontribusi pada kualitas anime itu sendiri, jadi mengapa tidak membicarakan siapa yg membantu membuat anime? Direktur dan aktur suara adalah peran umum untuk dibicarakan, namun direksi seni, komposer soundtrack, dan bahkan animator adalah orang tepat yg dapat kamu bicarakan untuk ditinjau lebih dalam lagi. Ini memang memerlukan penelitian dan harus cukup banyak pengetahuan tentang industri anime, tapi setelah menonton anime Shirobako dan menghabiskan beberapa jam di Wikipedia, kamu bisa auto ahli dalam membicarakan industri anime. Waktu yg dihabiskan untuk meneliti sekali akan selalu berguna untuk ulasan lebih lanjut di masa mendatang, jadi tidak sia-sia. Orang akan mengira kamu adalah reviewer yg baik dan serius dalam melakukan pekerjaannya, dan mereka tidak perlu tahu tentang motif tersembunyi kamu.

Menulis dengan gaya pembagian pendapat kamu sendiri atau menulis keseluruhannya sebagai satu paragraf panjang bukanlah cara yg baik untuk menumbuhkan lebih banyak kata. Kamu hanya bisa menulis banyak tanpa struktur yg tepat. Seperti di MAL, mereka mencakup enam bagian "cerita", "animasi", "sound", "karakter", "enjoyment", dan "keseluruhan (overall)", yg bisa menjadi cara yg berguna untuk mengatur pendapat kamu. Jika kamu sudah menjadi penulis hebat, kamu bisa tampil dengan garis besar kamu sendiri, tapi lebih mudah menggunakan ini sebagai pedoman. Memang tidak relevan untuk setiap anime, tapi tidak ada anime yg tidak dapat kamu bicarakan. Jika sebuah anime tidak memiliki cerita, itu bisa menjadi titik bicara, dan jika anime memiliki seni yg sangat rata-rata, ini juga bisa menjadi sesuatu yg bisa dilewatkan. Tidak peduli apa, kamu bisa memikirkan hal-hal yg perlu dibicarakan untuk keenam bagian ini, bahkan jika kamu mungkin sedikit kreatif untuk beberapa dari mereka. Jika kamu memiliki lebih banyak untuk dibicarakan, kamu bisa membuat bagian kamu sendiri, atau mengelompokkannya dengan yg paling sesuai.

Cara Membuat Ulasan Panjang (Review Anime)

Pendapat adalah tulang punggung setiap review, dan orang juga ingin tahu seberapa bagus sesuatu tanpa perlu memiliki pendapat yg sama dengan reviewer. Dengan dua hal ini, kamu mungkin merasa lebih baik untuk memberikan opini subjektif kamu sendiri dan apa yg kamu yakini sebagai fakta objektif untuk setiap titik. Bila dilakukan dengan benar, ini berpotensi membuat ulasan kamu dua kali lebih lama. Jika kamu tidak ingin terlalu menjengkelkan, kamu bisa melakukan ini sesekali, tapi tidak peduli seberapa sering kamu menggunakannya, kamu harus mengingatnya sebagai taktik yg berguna untuk membuat ulasan kamu lebih banyak.

Jika kamu menonton anime saat itu masih ditayangkan, maka menyimpan catatan harian per epsiode adalah cara yg bagus untuk membuat kata-kata kamu bertambah banyak. Jika kamu bisa menulis 500 kata untuk satu episode saja, bayangkan berapa lama ulasan akan kamu kerjakan nanti untuk seluruh episodenya? Ini tidak harus dilakukan hanya pada anime yg masih ditayangkan, tapi jika animenya masih ditayangkan, ini akan memberi kamu waktu yg cukup untuk memikirkan ulasan lengkap untuk setiap episode.

Tulis semuanya dengan lengkap. Nomor, nama, judul, dll, semuanya bisa menambahkan sedikit ekstra panjang jika kamu menulis semuanya daripada menggunakan simbol atau kontraksi. Tidak hanya menghindari memperpendek hal-hal yg lebih formal, ini juga cara yg baik untuk membuat sesuatu memakan waktu lebih lama. Strategi yg sama adalah menjelaskan semuanya secara mendalam, bahkan jika kamu mengharapkan pembaca untuk sudah tahu apa yg sedang kamu bicarakan. Lagi pula, mengapa kamu harus mengorbankan kata-kata berharga itu hanya untuk menghindari redundasi? Kamu melakukan kebaikan dengan membicarakan hal-hal yg tidak perlu dibicarakan. Bahkan gaya lama terjemahan fansub seperti "keikaku artinya/berarti rencana" akan menjadi ide bagus di sini, meningkatkan jumlah kata kamu.

Tuliskan juga lelucon. Hal ini membuat sedikit usaha ekstra, namun selain membuat peninjauan lebih menyenangkan untuk dibaca dengan menambahkan beberapa humor ke ulasan, ini juga membuat cara yg baik untuk membuat ulasan lebih panjang tanpa harus menyelidiki bagian terdalam dari anime.

Kamu mungkin pernah mendengar kata analisis yg digunakan dalam komunitas peninjau, dan analisis adalah cara yg bagus untuk meningkatkan kualitas dan kenikmatan. Analisis informasi yg diekstraksi bahwa staf, animator, sutradara, penulis, dan aktor kalau bisa bicarakan juga penontonnya tanpa harus terlalu jelas. Beberapa hal untuk dianalisis adalah hal-hal yg tertinggal di depan mata namun perlu sedikit pemikiran untuk menyadari pentingnya, sementara hal-hal lain bahkan mungkin tidak tampak sama sekali bagi penonton biasa. hanya berpikir tentang anime di kamar mandi atau saat bekerja pekerjaan intelek minimal dapat memberi kamu banyak untuk menulis tentangnya tanpa harus menonton keseluruhan anime. Tapi jika kamu belum melihat anime dalam waktu yg lama kamu mungkin ingin setidaknya menonton rekaman untuk menyegarkan ingatan kamu. Anime yg lebih pendek seperti OVA, ONA, dan video musik tidak terlalu memakan waktu untuk dilihat lagi, dan akan bermamfaat untuk melakukannya karena banyak dari penggunaan citra ini untuk menyampikan poinnya.

Over-analysis adalah konsep terpisah namun sama-sama berharga untuk dimamfaatkan. Ini menganalisis hal-hal yg tidak memerlukan analisis, atau mengambil poin dari hal-hal yg tidak pernah dimaksudkan. Melalui overanalisis kamu bisa membuat seri Precure terlihat seperti dekonstruksi, atau video musik terlihat seperti cerita yg memberikan makna hidup.

Ada banyak metode yang berbeda yang dapat kamu gunakan untuk membuat tulisan kamu terlihat lebih panjang, serta mempertimbangkan semuanya, kamu harus menggunakan yang mana yang paling sesuai dengan gaya penulisan kamu. Ingat, review ditujukan untuk orang lain. Mungkin itu saja dari saya, maaf jika ada yang salah. Kalau ada tambahan atau ada yang harus saya koreksi lagi jangan sungkan berkomentar dibawah.

Sumber: MAL

Next

Related


EmoticonEmoticon