Senin, 04 September 2017

Rekomendasi Anime Pilihan yang Bisa Membuat Kamu Menangis

Rekomendasi Anime Pilihan yang Bisa Membuat Kamu Menangis
Anime adalah hiburan yg bagus, dengan beberapa cerita yg rumit, setting yg menakjubkan, dan beragam karakter menarik. Kedengarannya cukup hebat bukan? Tidak mengherankan bila ada beberapa serial anime yg terkenal Tearjerker (Jenis serial sentimentil yg hadir untuk mengaduk-aduk emosi dan air mata.) Lantas, apa yg membuat anime tearjerker ini begitu menyedihkan?

Cerita, setting dan karakter bergabung untuk menciptakan tearjerker. Bagaimana jika kamu memiliki cerita dengan premis yg menyedihkan, atau setting yg suram? Kamu ditakdirkan untuk meringkuk menjadi sobbing ball. Bagaimana dengan karakternya? Jika karakter memiliki backstory yg sangat menyedihkan, dan dia menghabiskan seluruh episode anime untuk memperbaiki masa lalunya yg rusak, kamu menemukan karakter yg sangat cengeng, atau salah satu sentimental sob fest.

Mungkin mereka dihantui oleh dilema moral. Bayangkan saja Ken Kaneki dari Tokyo Ghoul. Bagaimana jika sesuatu yg acak terjadi pada karakter? Nasib Kaneki tidak pantas untuk karakternya, tapi itu mengubah jalan hidupnya yg sederhana dan tak ada apa-apa. Anime mungkin tidak akan sedih secara keseluruhan, tapi bukan berarti kita tidak akan menangis karena kemalangan karakter.

Sebuah hubungan juga bisa membuat anime sedih. Tidak ada penggemar anime yg bisa melupakan bagaimana mereka tertawa, tersenyum, dan menangis saat melihat hubungan antara Nagisa Furukawa dan Tomoya Okazaki dari Clannad, dan Clannad: After Story.
* Kematian waifu kamu juga pasti akan membuahkan air mata.
Dari sini, kita tahu kalau anime dapat membuat frustasi, perasaan menyebalkan, tragis, sedih, dan memilukan, semuanya pada saat bersamaan. Sekarang kita mengerti apa yg membuat serial anime sedih, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rekomendasi anime populer pilihan yg dapat membuat kamu menangis.

Catatan: Rekomendasi ini mengandung spoiler yg mungkin tidak kamu inginkan, baca artikel ini sambil memikirkan ini ya biar gak nyalahin saya kalau kena spoiler :v

Rekomendasi Anime Pilihan yang Bisa Membuat Kamu Menangis

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai.
AnoHana bercerita tentang kehiduan Jinta Yadomi hidup dengan damai sebagai Hikki (penyendiri), menghabiskan hari liburnya dari sekolah dengan bermain game seharian di dalam rumah. Suatu hari di musim panas, teman masa kecilnya, Meiko Honma atau panggilan masa kecil nya "Menma" muncul dan mendesaknya untuk mengabulkan permintaan yg terlupakan. Pada Awalnya di tidak memperdulikan apa yg terjadi tapi lama kelamaan dia pun juga merasa terganggu dengan kedatangan "khayalahanya" Menma.

Awalnya, Jinta berpikir bahwa dia hanya berhalusinasi karena efek dari panasnya musim panas, tapi kemudian dia yakin bahwa Menma yg dilihat benar-benar adalah hujud Menma. Jinta dan teman masa kecilnya hancur berantakan karena kematian tiba-tiba Menma diakibatkan kecelakaan yg tidak di inginkan. Dari sini lah Jinta yg secara tidak langsung di desak oleh hantunya Menma mulai mempersatukan teman-temannya yg sudah terpecah.

Plastic Memories
Plastic Memories mengambil cerita di masa depan yg tidak jauh di mana android (Robot) sudah terlihat persis seperti manusia biasa dan sudah menjadi pemandangan umum di seluruh dunia. Perusahaan pembuat android SA Corp memproduksi Giftia, android jenis baru yg memiliki banyak emosi dan seperti manusia biasa di atas android lainnya. Tetapi karena itu pula, android seri Giftia memiliki umur atau batas waktu memori, jika ada Giftia yg melewati masa umur tersebut dia akan lepas kendali dan merusak segalanya termaksud pemiliknya. Karena itu, SA Corp membentuk sebuah terminal servis untuk mengambil kembali Giftia yg hampir melewati "umur"nya. Karyawan baru bernama Tsukasa Mizugaki di tugaskan untuk mencari Giftia yg sudah hampir habis waktunya dan dia di pasangkan oleh Giftia Loli bernama Isla yg akan bertugas untuk mematikan sistem Giftia dan merestartnya. Seperti sebuah hubungan yg sangat dalam bahwa Pertemuan adalah awal dari sebuah Perpisan.

Clannad (Anime favorit)
Clannad menceritakan kisah seorang murid SMA kelas 3 bernama Tomoya Okazaki yg dianggap orang-orang sekitarnya berandalan hanya karena Tomoya sering membolos sekolah. Bagi Tomoya, kehidupannya terasa cukup membosankan. Sampai akhirnya, pada suatu hari dia bertemu seorang yg kurang percaya diri karena dia harus mengulang kelas karena sakit, Nagisa Furukawa. Sejak saat inilah, kehidupan Tomoya mulai mengalami perubahan drastis. Tomoya mulai melihat mimpi aneh di mana di dunia (Illusionary World) itu hanya ada seorang gadis yg selalu sendirian. Lalu gadis itu mulai mencoba untuk membuat suatu boneka yg terbuat dari sampah dan barang bekas yg dia kumpulkan.

Tak berhenti disana, ada kelanjutan dari seri ini yaitu Clannad: After Story, kelanjutan dari seri pertamanya yg menceritakan setelah Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa lulus SMA. Bersama-sama, mereka mengalami banyak masalah saat mereka tubuh dewasa bersama. Karena tidak dapat memutuskan jalan untuk masa depannya, Tomoya fokus mencari pekerjaan dan semua di dukung dari belakang oleh nagisa. Menyatukan hati dan pikiran menuju jalan yg kehidupan yg terjal mereka melakukan semua nya bersama. saling mendukung satu sama lain, menerima kekurangan satu sama lain.
Hidup tomoya tak seindah yg di bayangkan cobaan datang tak kujung henti kehidup nya, seakan dunia ini tidak adil kepada nya. Semua cobaan itu di lewati nya dengan dukungan dan support yg tulus dari Nagisa.

Berdasarkan VN karya Key dan di adaptasi oleh Kyoto Animation, Clannad: After Story adalah sebuah karya drama keluarga yg akan menceritakan sebuah kisah sedih yg di lewati Tomoya selama hidup nya.

Angel Beats
Angles Beats bercerita tentang Otonashi terbangun di sebuah halaman sekolah padahal dia tau kalau dia sudah mati. Dia pun bertemu dengan seorang gadis dengan senjata di tangannya bernama Yuri dan menjelaskan bahwa mereka berada di alam baka dan Otonashi tidak mengetahui apapun tentang apa yg terjadi, ia hanya mengingat namanya saja. Yuri mengatakan kepadanya bahwa dia memimpin Shinda Sekai Sensen (Afterlife Battlefront) dan berperang melawan seorang gadis bernama Tenshi (Angel). Otonashi tidak percaya perkataan Yuri kalau gadis tersebut adalah orang yg jahat, lalu Otonashi menghampirinya tapi semuanya tidak sesuai dengan apa yg ia harapkan.

Pada akhirnya Otonashi pun bergabung dengan SSS di garis depan untuk melawan Tanshi yg ada di dunia tersebut. Walaupun dia tidak begitu mengerti apa makna dari perlawanan mereka sendiri. Anime yg mengajarkan tentang pengalaman hidup dan sedikit baper di bagian belakang, ini adalah ciri khas anime Jun Maeda.

Kimi no Na wa. (Movie)
Kimi no Na wa bercerita tentang Mitsuha Miyamizu, seorang siswi sekolah menengah atas yg tinggal di desa fiktif bernama Itomori di daerah pegunungan Hida Prefektur Gifu, mulai bosan dengan kehidupannya di pedesaan tempat dia lahir dan berharap dapat terlahir menjadi pemuda tampan yg hidup di Tokyo pada kehidupan selanjutnya. Kemudian, Taki Tachibana, seorang siswa sekolah menengah atas yg tinggal di Tokyo, terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa dirinya adalah Mitsuha, yg entah bagaimana bisa masuk ke dalam tubuh Taki.

Taki dan Mitsuha menyadari bahwa mereka berdua saling memasuki tubuh satu sama lain. Mereka mulai berkomunikasi satu sama lain dengan saling meninggalkan catatan di kertas maupun melalui memo di ponsel mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, mereka semakin terbiasa dengan pertukaran tubuh ini serta mulai mencampuri kehidupan satu sama lain.

Mitsuha membantu Taki untuk menjalin hubungan dengan seorang wanita rekan kerjanya yg bernama Miki Okudera, sehingga akhirnya Taki dapat berkencan dengan Miki. Sementara itu, Taki membantu Mitsuha agar lebih dikenal di sekolahnya. Mitsuha kemudian memberitahu Taki mengenai sebuah komet yg diramalkan akan melintas dekat Bumi dalam beberapa hari mendatang, dan betapa tertariknya dirinya untuk dapat melihatnya, karena waktunya bertepatan dengan festival di desa Itomori.

Shigatsu wa Kimi no Uso
Bercerita tentang Kousei Arima seorang anak yg berbakat dalam bermain piano, yg selalu mendominasi dalam kompetisi dan menjadikannya terkenal di antara para musikus cilik. Setelah ibu sekaligus instrukturnya meninggal dunia, dia mengalami penurunan mental di tengah-tengah suatu pertunjukan pianonya di usia 11 tahun. Trauma yg diderita olehnya menyebabkan Ia kehilangan kemampuan untuk mendengar suara dentingan piano meskipun secara fisik pendengarannya baik-baik saja. Dua tahun berlalu, Kousei tidak pernah menyentuh pianonya dan beranggapan dunianya sebagai dunia yg monoton tanpa warna. Dia pun seakan melepas kehidupannya dan hanya berinteraksi dekat dengan kedua sahabatnya: Tsubaki Sawabe dan Ryota Watari, hingga pada suatu hari, Ia bertemu seseorang yg mengubah hidupnya serta memberikan kembali warna dalam hidupnya: Kaori Miyazono.

Kaori adalah seorang pemain biola seumuran Kousei yg bersifat ceria dan penuh semangat serta memiliki gaya bermain musik yg bebas dan ekspresif; berlawanan dengan gaya bermain Kousei yg kaku dan terstuktur. Lambat laun, Kaori menuntun Kousei kembali ke dunia musik dan menunjukkan bahwa permainan musik adalah sebuah hal yg perlu diresapi menggunakan perasaan dan imajinasi. Kousei pun secara perlahan menemukan makna baru dalam permainan musiknya dan juga menaruh perasaan suka kepada Kaori, tanpa menyadari ada alasan tersendiri bagi Kaori untuk menuntun Kousei kembali ke dunia musik.

Code Geass: Hangyaku no Lelouch (Anime favorit)
Code Geass: Hangyaku no Lelouch bercerita pada tahun 2010 , "Kekaisaran Britannia" membangun dirinya sebagai negara militer yg paling dominan dari semua negara yg ada di dunia ini, dimulai dengan penaklukan terhadap Pemerintahan dan kekaisaran Jepang. Karena kekalahan yg begitu cepat Jepang di ganti nama menjadi Area 11. Walaupun Jepang telah melakukan perlawanan yg sangat signifikan terhadapap Kekaisaran Britannia untuk memperoleh kembali kemerdekaan mereka.

Lelouch Lamperouge adalah salah satu pangeran Britannia yg di asingkan karena perilaku buruknya, sayangnya dirinya terjebak dalam baku tembak antara angkatan bersenjata kedua negara. Syukurlah dia dapat melarikan diri, bagaimanapun berkat penampilan tepat waktu seorang gadis misterius bernama C.C, yg menganugerahkan kepadanya sebuah Geass, "Kekuatan Para Raja". Menyadari potensi besar dari "kekuatan perintah mutlaknya yg baru ditemukan", Lelouch memulai perjalanan berbahaya sebagai pemberontak misterius bertopeng yg dikenal sebagai Zero, memimpin serangan tanpa ampun melawan Britannia untuk membalas dendam.

Fullmetal Alchemist : Brotherhood
Di dunia ini terdapat alchemist, orang yg mempelajari dan melakukan seni alkimia transmutasi untuk memanipulasi objek dan mengubah satu objek ke yg lain. Mereka dibatasi oleh hukum dasar alkimia dalam rangka untuk mendapatkan sesuatu yg berharga harus mengorbankan sesuatu dari nilai yg sama. Karakter utama adalah alchemist terkenal Edward Elric yg dikenal sebagai Fullmetal Alchemist yg hampir kehilangan adiknya: Alphonse, dalam kecelakaan alkimia. Edward berhasil mentransmutasi jiwa adiknya kedalam baju Jiarah. Sementara ia berhasil menyelamatkan nyawa kakaknya, dia membayar dengan harga yg mengerikan yaitu anggota badannya. Untuk mendapatkan kembali tubuhnya, kedua saudara ini memulai perjalanan untuk menemukan Batu Bernama Philosoperstone.

Tokyo Magnitude 8.0
Tokyo Magnitude 8.0 adalah anime drama yg menegangkan walaupun kartun ini bukan di ambil dari kisah nyata. Tapi dari kondisi kota, pisikis para korban, semua di kumpulkan berdasarkan kondisi beberapa gempa besar yg pernah menghatam Jepang yg di ambil dari para narasumber yg pernah merasakan gempa besar.

Cerita berpusat pada Onozawa Mirai seorang gadis SMP yg sangat membenci dunia ini terutama keluarga nya karena ada kerentangan di antara Ayah dan Ibunya. Pada awal liburan musim panas Mirai bersama dengan adik Yuuki pergi ke pusat perbelanjaan yg ada di pesisir Tokyo dan secara mengejutkan di hari yg sama terjadi gempa besar yg menimpa pesisir Tokyo dengan kekuatan 8.0 Skala Richter. Bersama-sama mereka berdua berusaha untuk tetap bertahan hidup dan kembali ke rumah mereka di bantu oleh seorang tante-tante bernama Kusakabe Mari mereka semua terus mencari keberadaan orang-orang yg mereka sayang.

Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Movie favorit)
Ookami Kodomo no Ame to Yuki Sebuah film yg menceritakan betapa besar cinta orang tua kepada anak-anaknya. Layaknya sebuah "dongeng", cerita ini mengisahkan perjalanan selama 13 tahun yg dimulai dengan seorang mahasiswa berumur 19 tahun bernama Hana yg menjalin hubungan asmara dengan "Manusia Serigala." Setelah menikahi Manusia Serigala, Hana dikaruniai dua anak yg ternyata kedua anaknya itu memiliki darah keturunan sebagai Manusia-Serigala.Sang kakak perempuan bernama Yuki yg lahir pada saat hari sedang bersalju, dan sang adik laki-laki bernama Ame yg lahir pada saat hari sedang diguyur hujan. Keluarga kecil Hana sempat tinggal di sudut kota, tetapi ketika sang "Ayah" tiba-tiba meninggal dunia Hana memutuskan untuk pindah ke sebuah desa yg jauh dari kota dan pemukiman warga guna menyembunyikan keberadaan "anak-anaknya".

Hotaru no Haka
Film ini bercerita tentang dua orang kakak beradik yg hidup pada masa menjelang akhir Perang Dunia II 16 Maret Tahun 1945 di kota Kobe, Jepang yg menjadi tempat tinggal bagi sang kakak Seita yg masih duduk dibangku SMP dan adiknya Setsuko yg masih berusia 4 tahun. Perang membuat mereka harus kehilangan ibu yg sangat mereka sayangi. Sang ibu tewas akibat terkena bom b-29 yg dijatuhkan oleh armada perang Amerika Serikat. Mereka kemudian menumpang tinggal dirumah bibi mereka, namun lama-kelamaan sifat sang bibi menjadi keras dan egois. Seita dan Setsuko pun akhirnya memutuskan untuk pindah dan pergi dari sana. Mereka menemukan sebuah tempat perlindungan mirip gua di tepi danau, dan merekapun akhirnya menetap disana. Namun mereka harus tinggal di lingkungan yg kotor dan tidak steril.

Little Busters
Little Busters bercerita tentang Riki yg pada masa kecil pernah memiliki sebuah grup bernama Little Busters. Dan sekarang ketika sudah SMA, mereka melanjutkannya kembali grup kecil tersebut bertarung dan saling bersenang-senang. Mereka mulai membentuk sebuah grup Baseball dan menyambut anggota baru, sementara Riki dan Rin, anggota Little Buster lainnya menyelidiki rahasia yang ada di Dunia ini.

Little Busters!: Refrain adalah sequel atau season 2 dari seri Little Busters yg masih menceritakan keseharian Riki dengan klub kecil nya. Dan pada season 2 ini Persahabatan mereka mulai diuji oleh waktu. Terjebak dalam mimpi, memori dan realita, mampukah Riki melanjutkan kehidupan di tengah konflik yang mulai terlihat?

Ansatsu Kyoushitsu
Ansatsu Kyoushitsu bercerita tentang ada seekor mahluk aneh yang berbentuk seperti gurita yang memiliki kecepatan 20 Mach dan sudah menghancurkan setengah dari bulan. Dia pun juga mengancam pemerinta Jepang dan juga Pemerintah Dunia akan menghancurkan Bumi seperti dia menghancurkan Bulan. Tetapi dia menawarkan akan menunda penghancuran itu ke bulan Maret tahun depan dengan syarat dia harus menjadi walikelas di kelas 3-E di SMP Kunugigaoka.

Murid-murid kelas itu pun ditugaskan oleh pemerintah untuk membunuh makhluk aneh tersebut, yang mereka kasih nama "Korosensei" dengan hadiah yang sangat besar yaitu 10 Miliyar Yen! Akan tetapi tugas ini terbukti sangat mustahil, dengan kecepatan Mach 20 dan berbagai kekuatan supernya, Korosensei selalu berhasil lolos dari rencana-rencana pembunuhan oleh muridnya. Apa kelas 3-E mampu membunuh Gurunya sendiri sampai batas waktu yang sudah di tentukan?

Berlanjut dari seri pertama. Di seri ini setelah aksi mega besar yaitu rencana pembunuhan yang di lakukan di pulau saat wisata yang berunjung gagal anak kelas E tetap melanjutkan liburan mereka di pulau tersebut bersama dengan guru mereka sebuah monster yang memiliki kecepatan 2 mach yaitu Koro-sensei. Di season kedua ini apakah Nagisa CS bisa mengalahkan Koro-sensei sampai waktu yang sudah di tentukan? Dan siapakah koro-sensei sebenarnya? Kenapa dia ingin sekali mengajar kelas F dan menghancurkan bumi? Penasaran? Kepo? Silahkan liat sendiri!

Penutup
Mungkin, masih banyak anime yg dapat membuat kita bersedih. Tapi dari pengalaman serta pengetahuan saya hanya anime-anime diatas yg dapat membuat kamu menangis seperti bayi berumur 3 tahun (gak segitu nya kali.) Hahaha, apakah ada anime yg belum kamu tonton? Semoga terbantu ya, dan tak bosan saya ingatkan jika menurut kamu ada kekurangan pada daftar rekomendasi ini dan ada anime lain yg harus ditambahkan jangan sungkan untuk berkomentar di bawah.

Next

Related


EmoticonEmoticon